Outwitting the Fox

Mengalahkan Kelicikan Rubah: pengantar untuk memahami penerbit predator, kontroversinya, dan cara navigasi di dalam dunia komunikasi ilmiah

Gerakan akses terbuka (open access, OA) menawarkan efisiensi dalam proses penerbitan, serta menjanjikan visibilitas yang lebih baik dan kemudahan pencarian untuk publikasi hasil-hasil penelitian. Meskipun demikian, banyak ilmuwan menyatakan kekhawatiran atas kerentanannya terhadap eksploitasi oleh penerbit yang mencoba memperoleh keuntungan tinggi dengan cepat dengan memompa produksi artikel tanpa mempedulikan kualitas ilmiahnya, sambil membebankan biaya publikasi yang tinggi kepada penulis. Penerbit predator ini mengancam integritas sains, namun mereka akan melakukan apa saja untuk menyembunyikan fakta tersebut dari publik.

Seri artikel ini akan mengeksplorasi asal-usul predator dalam dunia penerbitan ilmiah, upaya untuk menyingkapnya, kontroversi yang diakibatkan, pentingnya diskusi tentang isu ini, dan apa yang dapat dilakukan penulis untuk mengalahkan predator yang mengancam mereka.

Pendahuluan

Baca pendahuluan lengkap seri artikel ini.

Read  
Beall's list: kontroversi yang lahir dari kesalahpahaman

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Jeffrey Beall dan dampak dari dipublikasikannya daftar penerbit OA yang berpotensi sebagai predator.

Read